Tips Mengembangkan Blog – Mengelola sebuah blog tidaklah mudah, terkadang anda akan dipusingkan dengan menurunnya jumlah pengunjung harian blog anda. Padahal kemarinnya masih stabil dan berada diatas angka 1000 visitor perhari (cukup tinggi untuk blog pemula). namun hari ini, blog anda tiba-tiba mengalami penurunan pengunjung. Ya, hal itu sangat drastis terjadi dan merupakan hal yang sangat wajar di dunia online. Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk menanggulangi menurunnya jumlah pengunjung secara drasti? Berikut ini akan coba saya jelaskan 4 cara mengembangkan blog, sehingga bisa meminimalisir penurunan pengunjung.

Fokus

Pada saat awal membuat blog, anda pasti sudah memikirkan topik apa yang akan anda bahasa dalam blog anda tersebut bukan? Jika iya, maka anda harus fokus pada topik bahasan tersebut. Hal ini akan memudahkan pengunjung (dan juga mesin pencari) untuk mengunjungi blog anda di lain waktu. Sama halnya kesan pertama memasuki toko buku, dulu saat pertama kali membeli buku, anda sudah mengetahui lokasi buku yang akan anda beli beserta topik buku-buku lainnya. Itu akan membuat anda ingat dan gampang mencari buku sesuai dengan topik yang anda inginkan. Apakah itu kesehatan, ekonomi, agama, dll. Begitu juga dengan blog, saat anda fokus di 1 topik saja, itu akan membuat blog anda memiliki niche yang menarik bagi mesin pencari dan tentunya pengunjung anda.

Unik

Kenunikan juga menjadi kunci kesuksesan sebuah blog, saat anda sudah mendapatkan ide untuk blog anda. Pastikan bahwa ide tersebut unik. Dari segi apanya? dari segi konten, cara penyajian, desain, dan intinya berbeda dengan blog-blog yang menjadi referensi anda. Akibat adanya keunikan tersebut mereka akan bisa memberikan penilaan yang berbeda dengan blog-blog lainnya diluar sana. Unik disini juga berarti konten yang anda sajikan bukan berasal dari copy paste blog lain. Ini lah yang membedakan sebuah blog yang unik dan yang “tidak” unik.

Profesional

Blog yang anda kelola harus bisa se profesional mungkin. Contohnya dari segi bahasa. Janganlah menggunakan bahasa alay, dan juga kata sms/chat. Ini akan membuat pengunjung anda enggan membaca dan bahkan enggan datang lagi ke blog anda. Itu dikarenakan bahasa alay dan kata sms (kata yang disingkat-singkat) akan membuat mereka susah membacanya. Jadwalkan juga hari anda posting artikel. Misalkan 2 hari seminggu (contohnya hari senin dan kamis) itu secara tidak langsung memberikan jadwal kepada pembaca blog anda agar datang pada hari yang sudah ditentukan diatas.

Fasilitas

Fasilitas juga menjadi penunjang keberlangsungan hidup blog anda. pernahkan anda mengunjungi blog luar atau dalam negeri dan saat membaca beberapa kalimat awal artikel lalu tiba-tiba muncul pop up yang menyarankan anda memasukkan alamat email? Ya, hal itu disebut subscriber (langganan post). Cara ini banyak dilakukan blog-blog untuk membuat sebuah list siapa saja yang menjadi pengunjung di blognya. Selain itu, subsciber juga mempunyai fungsi mengingatkan pengunjung yang sudah berlangganan untuk datang lagi ke blog anda setiap ada postingan artikel baru. Cara ini akan membuat pengunjung lama anda mengingat kembali jika dia pernah berkunjung ke blog anda.

Berikan juga halaman about (tentang saya) di blog anda. Ini akan memberikan penjelasan singkat tentang apa isi blog anda dan juga menjelaskan anda sendiri sebagai admin sekaligus penulis di blog tersebut. Dan yang tidak kalah penting adalah halaman kontak, di halaman ini hanya berisikan form untuk mengirimkan komentar, kritik dan juga saran kepada anda. Ini sangat penting karena pengunjung bisa memberikan masukan yang akan membantu berkembangnya blog anda (walaupun tidak semua). Pemberian label (kategori), dan juga tag di setiap artikel akan memudahkan pembaca untuk membaca artikel yang terkait juga dengan artikel yang dia baca sebelumnya. Ini juga menjadi fasilitas yang sangat membantu pembaca.

Hmm,, mungkin sekian dulu cara mengembangkan blog dari saya. Tips ini saya ambil dari berbagai sumber dan saya rangkum sendiri. Jika ada pertanyaan, anda bisa menggunakan fasilitas komentar dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *