Memilih Platform Blogging

Untuk memulai di dunia bloging, anda tentunya harus memilih salah satu platform bloging yang akan digunakan untuk menampilkan konten-konten anda di internet.

Ada banyak sekali platform blogging yang tersedia, tetapi menurut hemat saya. Saya langsung menyarankan anda untuk menggunakan platform WordPress.org.

WordPress adalah platform blogging yang paling popular di dunia dan bahkan di Indonesia.

Ada begitu banyak blog pribadi, website perusahaan, portal berita hingga toko online dibuat dengan menggunakan wordpress.org.

Selain itu, ada beberapa alasan lain kenapa saya menyarankan anda menggunakan platform wordpress untuk membuat blog.

1. Gratis.

Kita tentunya pasti suka dengan yang gratis-gratis. WordPress.org pun menawarkan platform blogging gratis untuk anda gunakan. Walaupun, anda sebenarnya memerlukan sebuah investasi kecil untuk server dan juga domain blog anda.

2. Sangat mudah digunakan dan mengaturnya.

Dasboard dari wordpress dibuat sangat sederhana, bahkan anda tidak perlu pemahaman mendalam tentang html untuk melakukan perubahan – perubahan di blog anda.

3. Sistem kuat dan aman.

Hal ini karena wordpress sudah ada selama bertahun-tahun dan didukung dengan komunitas dari seluruh dunia.

4. Komunitas yang tersebar di seluruh dunia.

Karena bersifat open source. WordPress dapat dikembangkan dan dipantau oleh siapa saja di seluruh dunia. Hal inilah yang membuatnya lebih cepat berkembang serta memungkinkan orang-orang untuk membuat theme atau plugin yang spesifik untuk suatu blog.

5. Memiliki banyak plugin dan theme.

Dengan adanya plugin-plugin tambahan, anda bisa mengatur blog anda sesuka hati. Contohnya dengan plugin Woocommerce anda bisa membuat sebuah toko online, atau jika anda menggunakan plugin Timetable and Event Schedule by MotoPress anda bisa membuat sebuah website jadwal (untuk art venue atau event publisher). Begitu juga dengan theme-theme yang sangat beragam.

Perlu kita ingat lagi di postingan saya tentang apa itu WordPress, bahwa wordpress sendiri ada 2 jenis:

– WordPress.com Ini adalah wordpress yang mirip dengan blogspot. Anda tidak perlu membayar untuk domain dan juga hosting jika menggunakannya. 100% gratis. Hanya saja anda memerlukan tambahan biaya untuk membuka beberapa elemen jika ingin terlihat profesional. Tapi jika hanya untuk blog biasa, wordpress.com sudah cukup. Selain itu, domain blog anda akan memliki akhiran wordpress.com contoh blogsaya.wordpress.com atau namabloganda.wordpress.com.

– WordPress.org DIperuntukan bagi anda yang ingin memiliki control penuh atas blog anda sendiri. Termasuk bisa menggunakan domain dan server sendiri (yang tentunya berbayar).

Saya tetap merekomendasikan wordpress.org walaupun anda memiliki lebih banyak pekerjaan di tahap awal (install wordpress di server dan menghubungkan domain) tetapi dalam jangka panjang, anda akan memiliki control penuh atas theme, fitus, plugin dan bahkan monetisasi blog anda agar menghasilkan uang. (hal ini tidak bisa anda lakukan di wordpress.com)

Bagaimana? Apakah anda sudah siap membuat sebuah blog, mengupdate kontennya dan menginspirasi banyak orang dengan tulisan-tulisan anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *