Perbedaan Website dan Blog

Satu pertanyaan yang sering terdengar sepanjang waktu ketika berkonsultasi dengan pengusaha dan marketing adalah, “apa perbedaan antara blog dan situs web?”

Pada kenyataannya, tidak ada terlalu banyak perbedaan. Keduanya, secara teknis adalah situs web dan secara umum, Anda dapat mencapai beberapa hal yang sama dengan masing-masing situs tersebut. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diketahui.

Sebelum kita membahas tentang SEO dan juga bagaimana meningkatkan jumlah pengunjung website ataupun blog, ada baiknya kita mengetahui perbedaan antara website (situs web) dan juga blog itu sendiri.

Apa itu Blog?

Web_log (blog) adalah sebuah aplikasi web yang berisikan tulisan-tulisan formal maupun tidak formal atau bahkan pengalaman pribadi tentang suatu hal dan dapat diakses secara bebas melalui jaringan internet.

Dalam blog, konten disajikan dalam urutan kronologis terbalik (konten yang lebih baru muncul terlebih dahulu). Yang mana konten blog biasanya berbentuk entri atau “posting blog.”

Sedangkan sebutan blogger adalah orang yang melakukan update secara berkala terhadap suatu blog.

Blogger juga merujuk pada sebuah platform blogging yang diluncurkan pada tahun 1999 dan kemudian diakuisisi oleh Google.

Blogger adalah platform blogging nyata pertama, yang menjadikannya pilihan de facto di awal-awal blogging.

Namun, ketika WordPress diluncurkan pada tahun 2003, itu benar-benar mengubah permainan blogging.

Itu karena WordPress adalah perangkat lunak open source (perangkat lunak blog pertama yang memungkinkan pengguna dan pengembang untuk memanipulasi kode, membuat situs web sepenuhnya, dll).

Luar biasanya, hari ini, lebih dari 30% situs internet baik itu blog atau situs web berjalan di WordPress.

Apa itu Situs Web?

Web_site (situs web) adalah kumpulan halaman web dan konten multimedia yang semuanya disusun dalam satu domain.

Situs web juga biasanya dihosting melalui layanan hosting web – yang memungkinkan halaman dan konten ini diakses melalui World Wide Web.

Situs web juga dapat menjadi situs internal yang diakses melalui jaringan area lokal yang aman – yang merupakan kasus bagi sebagian besar ‘intranet perusahaan’.

Situs web dapat digunakan untuk tujuan yang berbeda: bisnis, pribadi, dan bahkan untuk pemerintah dan agensi.

Terdapat 3 jenis website secara umum yaitu;

Website Statis

Website yang isinya tidak dirubah secara berkala, ini karena informasi yang disampaikan tidak selalu berubah. Contohnya: website suatu perusahaan, website hotel, dll.

Website Dinamis

Adalah website yang secara berkala di tambahkan artikel-artikel baru, ini berkaitan dengan informasi baru yang harus segera disebarkan. contohnya situs berita.

Website Interaktif

Website yang bisa dibilang mendominasi di dunia internet. karena dalam website interaktif, seorang admin dan pengunjung dapat berinteraksi dan saling memberikan pendapatnya masing-masing.

Konten yang ditampilkan dalam website interaktif tidak mesti harus yang formal-formal, biasanya bisa berupa pengalaman pribadi atau kutipan dari berbagai sumber yang bisa dipercaya. contohnya adalah weblog atau forum.

Meskipun ada beragam jenis, tujuannya tetap sama: situs web dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada pengunjung atau khalayak – semacam brosur online untuk perusahaan atau organisasi.

Bagaimana Blog Berbeda dari Situs Web?

Blog adalah jenis situs web. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa blog sering memperbarui konten dan situs web cenderung lebih statis dan disusun dalam halaman.

Sebuah blog dapat berupa situs web sendiri atau bagian dari situs yang lebih besar.

Literasi awal dari blog dulunya digunakan sebagian besar untuk jurnal pribadi online. Tetapi begitu daya tarik pemirsa terwujud, bisnis juga mulai memanfaatkan potensi blogging.

Perusahaan sekarang telah mulai menggunakan blog untuk membuat pelanggan mereka tetap mendapatkan update dengan peristiwa dan pembaruan produk, sebagai bagian dari strategi optimisasi mesin pencari SEO dan membuat pengguna terlibat dengan cerita-cerita menyenangkan.

Dalam hal konten, situs web memiliki “halaman” – anggap ini sebagai halaman atau bagian dalam brosur. Halaman web dapat disortir ke dalam berbagai kategori berdasarkan kontennya.

Misalnya, satu halaman dapat berisi beranda – informasi umum tentang organisasi. Halaman lain dapat berisi daftar dan deskripsi produk dan layanan dan halaman web lain dapat mencantumkan informasi kontak atau memiliki formulir kontak email.

“Tulisan” di sisi lain adalah pembaruan atau perspektif unik, yang dimaksudkan sebagai bacaan harian, dapat terdiri dari satu atau kombinasi media berikut ini: artikel teks, gambar (seperti jurnal foto atau infografis), video, podcast, dan bahkan umpan media sosial.

Mengapa Menulis Blog?

Blog adalah cara yang bagus untuk menyampaikan ide kepada khalayak luas.

Untuk bisnis, ini adalah media terbaik untuk memberikan berita dan pembaruan kepada pelanggan.

Banyak orang menggunakan blog sebagai gaya hidup atau sarana berekspresi.

Seiring berjalannya waktu, blog memiliki fitur di mana pembaca dapat mengomentari posting dan penulis dapat merespons – menjadikannya informasi sosial bagi banyak orang juga.

Manfaat terbaik dari blogging, baik untuk pribadi maupun bisnis, adalah bahwa itu adalah platform di mana audiens dapat belajar dan terlibat.

Blog tidak hanya menarik khalayak dan membuat komunitas, tetapi mereka juga dapat menghasilkan uang dengan serius.

Kesimpulan

Blog adalah bagian atau pengembangan dari sebuah website. Itu karena suatu blog juga memiliki komponen-komponen yang sama seperti HTML, CSS dan juga PHP yang terdapat juga di website.

Situs web tipikalnya bersifat statis di mana konten disusun dalam halaman, dan tidak sering diperbarui.

Sedangkan blog itu dinamis, dan biasanya diperbarui cukup sering. Beberapa blogger mempublikasikan banyak artikel baru dalam sehari.

Cukup sekian dulu pembahasan kita tentang perbedaan blog dan juga website. Jika ada hal yang ingin kalian tanyakan tentang perbedaan keduanya, silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar dibawah.

Jadi, apakah kalian sudah punya keinginan membuat sebuah blog atau website?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *